Hari/Tanggal : Kamis, 14 Agustus 2025
Kelas : 6D
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Seni Rupa, Pendidikan Pancasila
Tabik Pun 🙏
Unsur | Penjelasan |
---|---|
Garis | Batas atau arah suatu bentuk |
Warna | Unsur visual yang menarik perhatian dan membentuk suasana |
Bentuk | Wujud visual, bisa geometris atau organik |
Tekstur | Kesan permukaan (halus, kasar, licin, dsb.) |
Ruang | Kesan kedalaman atau dimensi |
Gelap terang | Perbedaan cahaya untuk kesan volume dan kedalaman |
Keseimbangan (balance)
Irama (rhythm)
Proporsi (proportion)
Harmoni (harmony)
Penekanan (emphasis)
Kesatuan (unity)
C. Kosakata Seni yang Digunakan untuk Presentasi
Tujuan | Kosakata Umum |
---|---|
Mendeskripsikan unsur | garis, warna, bentuk, tekstur, ruang, pencahayaan |
Menilai estetika | harmoni, keseimbangan, proporsi, kontras, komposisi |
Menjelaskan teknik | melukis, mengukir, membatik, mencetak, mencampur media |
Mengungkap ekspresi | emosional, ekspresif, simbolis, naturalistik, abstrak |
🎤 D. Mempresentasikan Penilaian Karya Seni Rupa
Perkenalan Karya
Contoh:
“Karya ini adalah lukisan cat air berjudul ‘Pagi di Desa’ karya Ana, menggunakan media kertas ukuran A3.”Deskripsi Unsur Seni
“Karya ini menonjolkan warna-warna cerah seperti biru dan hijau. Garis-garisnya halus, menciptakan suasana tenang.”Analisis Teknik & Ekspresi
“Teknik sapuan kuasnya lembut, menunjukkan keahlian dalam menciptakan tekstur alami. Karya ini menggambarkan ketenangan alam.”Penilaian (Apresiasi)
“Komposisi visualnya seimbang dan harmonis. Karya ini berhasil menyampaikan suasana damai secara estetis.”
🎨 E. Mempresentasikan Proses Penciptaan Karya
Langkah-langkah yang bisa dipresentasikan siswa:
Ide atau gagasan karya
Pemilihan media dan teknik
Proses pembuatan (dengan dokumentasi foto/video)
Tantangan yang dihadapi
Hasil akhir dan refleksi pribadi
Contoh kalimat:
“Saya menciptakan patung ini berdasarkan tema ‘kehidupan laut’. Bahan utama yang saya gunakan adalah tanah liat. Tantangan saya adalah membentuk detail ikan secara presisi.”
📝 F. Latihan dan Penilaian
1. Tugas Kelompok
Setiap kelompok menilai satu karya seni rupa menggunakan kosakata seni.
Sajikan hasil penilaian dalam presentasi 3–5 menit.
2. Tugas Individu
Buat karya seni rupa sederhana (gambar, kolase, mini patung).
Presentasikan proses penciptaan dan penilaian sendiri terhadap karyanya.
Video pembelajaran:
Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran
MuriddapatMenguraikan makna nilainilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
A. Apa Itu Pancasila?
Pancasila adalah dasar negara Indonesia, pandangan hidup, dan ideologi bangsa.
Pancasila berasal dari dua kata Sansekerta:
Panca = lima
Sila = prinsip/aturan/dasar
Kelima sila Pancasila tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat.
📜 B. Bunyi Lima Sila Pancasila
Ketuhanan Yang Maha Esa
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Persatuan Indonesia
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
🌟 C. Makna dan Nilai-Nilai Pancasila
Sila | Makna dan Nilai yang Terkandung | Contoh Sikap |
---|---|---|
1. Ketuhanan Yang Maha Esa | Percaya dan bertakwa kepada Tuhan, menghormati agama lain | Berdoa, tidak mengejek ibadah orang lain |
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab | Menghargai sesama manusia, bersikap adil dan sopan | Menolong teman, tidak membully |
3. Persatuan Indonesia | Cinta tanah air, menghargai perbedaan | Menghormati teman dari suku/agama lain |
4. Kerakyatan… | Mengutamakan musyawarah, demokratis | Bermusyawarah dalam kelompok kelas |
5. Keadilan sosial… | Berbuat adil, peduli sesama | Berbagi makanan, tidak pilih kasih |
📌 D. Pancasila Sebagai:
1. Dasar Negara
Pancasila menjadi dasar dalam menyusun hukum dan aturan di Indonesia.
Semua kegiatan kenegaraan harus sesuai dengan nilai Pancasila.
2. Pandangan Hidup Bangsa
Pancasila dijadikan pedoman dalam bertingkah laku sehari-hari.
Menjadi arah dalam bersikap di tengah masyarakat yang beragam.
3. Ideologi Bangsa
Pancasila menjadi cita-cita dan tujuan bersama bangsa Indonesia.
Menyatukan bangsa dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan daerah.
📝 E. Contoh Kegiatan Mengamalkan Nilai Pancasila
Kegiatan | Sila yang Terkait |
---|---|
Membersihkan kelas bersama | Persatuan Indonesia (Sila 3) |
Bermusyawarah memilih ketua kelas | Kerakyatan (Sila 4) |
Membantu teman yang kesulitan | Kemanusiaan (Sila 2) |
Beribadah sesuai agama masing-masing | Ketuhanan (Sila 1) |
Berbagi makanan dengan teman | Keadilan Sosial (Sila 5) |
🧩 F. Latihan Pemahaman
1. Soal Pilihan Ganda
Contoh:
Nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila adalah…
A. Berdoa kepada Tuhan
B. Musyawarah
C. Menjaga persatuan
D. Menolong sesama
✅ Jawaban: D. Menolong sesama
2. Soal Uraian
Jelaskan mengapa Pancasila penting sebagai dasar negara!
Berikan 3 contoh kegiatan di sekolah yang mencerminkan sila keempat!
3. Tugas Proyek
Buatlah poster sederhana yang menggambarkan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila di rumah atau sekolah.
Video pembelajaran:
✨ Penutup dan Refleksi
🗣 Ajak siswa merenung:
Apa yang terjadi jika kita tidak mengamalkan Pancasila?
Bagaimana Pancasila membantu menjaga kerukunan di Indonesia?
Baiklah cukup sekian pembelajaran hari ini,,
Wassalamu'alaikum,Wr.Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar