Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Kamis, 28 Agustus 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Seni Rupa

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran:
Menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai warga Negara.

Materi

Pengertian Dasar

1. Norma

Norma adalah aturan atau ketentuan yang berlaku di masyarakat. Norma dibuat untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan bersama.

Contoh Norma:

  • Norma agama: melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan

  • Norma kesopanan: berkata sopan kepada orang yang lebih tua

  • Norma hukum: mematuhi aturan lalu lintas

2. Hak

Hak adalah segala sesuatu yang pantas dan harus diterima oleh seseorang sejak lahir.

Contoh Hak sebagai Warga Negara:

  • Mendapat pendidikan

  • Mendapat perlindungan hukum

  • Hidup aman dan damai

3. Kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang sebagai tanggung jawab.

Contoh Kewajiban sebagai Warga Negara:

  • Mematuhi hukum dan peraturan

  • Membayar pajak

  • Menghargai hak orang lain

🔍 Contoh Identifikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

SituasiNorma yang BerlakuHak Warga NegaraKewajiban Warga Negara
Membantu korban bencana alamNorma kesusilaan & agamaHak mendapat bantuan saat kesulitanWajib membantu sesama
Mengikuti upacara bendera di sekolahNorma hukum & kesopananHak mengikuti kegiatan sekolahWajib mengikuti upacara sebagai pelajar
Tidak membuang sampah sembaranganNorma hukum & lingkunganHak hidup di lingkungan bersihWajib menjaga kebersihan lingkungan
Mendapat perlakuan adil di pengadilanNorma hukumHak diperlakukan adil tanpa diskriminasiWajib menghormati hukum dan keputusan hakim




Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran:
Menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilai- nilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual

Pengertian Dasar

1. Teks Visual

Teks yang disajikan dalam bentuk gambar, ilustrasi, atau gabungan gambar dan tulisan.

Contoh:

  • Komik

  • Poster

  • Infografis

  • Buku bergambar

2. Teks Audiovisual

Teks yang disajikan melalui suara dan gambar bergerak.

Contoh:

  • Film pendek

  • Video cerita anak

  • Animasi

  • Drama televisi


🔍 Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu:

  • Mengidentifikasi isi dan informasi penting dari teks visual dan audiovisual

  • Menganalisis nilai-nilai kehidupan dalam teks sastra

  • Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk lisan atau tulisan


📌 Langkah-Langkah Menganalisis Teks Visual/Audiovisual

Langkah 1: Perhatikan Judul dan Gambar/Video

  • Judul memberi gambaran isi teks

  • Gambar atau adegan awal memberi petunjuk suasana atau tokoh

Langkah 2: Tentukan Tema dan Tokoh

  • Siapa tokohnya?

  • Apa masalah atau konflik dalam cerita?

Langkah 3: Temukan Amanat/Nilai-nilai

  • Apa pelajaran moral yang bisa diambil?

  • Apa sikap baik yang ditunjukkan tokoh?


💡 Nilai-nilai dalam Teks Sastra

NilaiPenjelasanContoh
ReligiusNilai yang berkaitan dengan keimanan atau ajaran agamaTokoh selalu berdoa sebelum memulai aktivitas
MoralNilai yang mengajarkan sikap baik dan burukTokoh jujur walau dalam kesulitan
SosialNilai yang berkaitan dengan hubungan antar manusiaTokoh membantu temannya yang kesulitan belajar
BudayaNilai yang menunjukkan kebiasaan, adat, atau tradisi daerahTokoh menghormati adat saat upacara tradisional
KepahlawananNilai yang menunjukkan semangat juang atau pengorbananTokoh berani membela teman dari ketidakadilan

📝 Contoh Soal Analisis Teks Audiovisual

Tonton video cerita "Timun Mas", lalu jawab pertanyaan berikut:

  1. Siapa tokoh utama dalam cerita?

  2. Apa masalah yang dihadapi timun mas?

  3. Bagaimana timun mas mengatasi masalah tersebut?

  4. Nilai apa yang bisa kamu pelajari dari cerita ini?

🎨 Cara Menyajikan Hasil Analisis

  • Menulis ringkasan isi cerita

  • Menyebutkan tokoh, latar, dan amanat

  • Membuat poster nilai moral dalam cerita

  • Presentasi lisan di depan kelas


Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat mempresentasikan  penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.
UnsurPenjelasan
GarisBatas atau arah suatu bentuk
WarnaUnsur visual yang menarik perhatian dan membentuk suasana
BentukWujud visual, bisa geometris atau organik
TeksturKesan permukaan (halus, kasar, licin, dsb.)
RuangKesan kedalaman atau dimensi
Gelap terangPerbedaan cahaya untuk kesan volume dan kedalaman

2. Prinsip-prinsip Seni Rupa
  • Keseimbangan (balance)

  • Irama (rhythm)

  • Proporsi (proportion)

  • Harmoni (harmony)

  • Penekanan (emphasis)

  • Kesatuan (unity)

 C. Kosakata Seni yang Digunakan untuk Presentasi

TujuanKosakata Umum
Mendeskripsikan unsurgaris, warna, bentuk, tekstur, ruang, pencahayaan
Menilai estetikaharmoni, keseimbangan, proporsi, kontras, komposisi
Menjelaskan teknikmelukis, mengukir, membatik, mencetak, mencampur media
Mengungkap ekspresiemosional, ekspresif, simbolis, naturalistik, abstrak

🎤 D. Mempresentasikan Penilaian Karya Seni Rupa

  1. Perkenalan Karya
    Contoh:
    “Karya ini adalah lukisan cat air berjudul ‘Pagi di Desa’ karya Ana, menggunakan media kertas ukuran A3.”

  2. Deskripsi Unsur Seni
    “Karya ini menonjolkan warna-warna cerah seperti biru dan hijau. Garis-garisnya halus, menciptakan suasana tenang.”

  3. Analisis Teknik & Ekspresi
    “Teknik sapuan kuasnya lembut, menunjukkan keahlian dalam menciptakan tekstur alami. Karya ini menggambarkan ketenangan alam.”

  4. Penilaian (Apresiasi)
    “Komposisi visualnya seimbang dan harmonis. Karya ini berhasil menyampaikan suasana damai secara estetis.”

🎨 E. Mempresentasikan Proses Penciptaan Karya

Langkah-langkah yang bisa dipresentasikan siswa:

  1. Ide atau gagasan karya

  2. Pemilihan media dan teknik

  3. Proses pembuatan (dengan dokumentasi foto/video)

  4. Tantangan yang dihadapi

  5. Hasil akhir dan refleksi pribadi

Contoh kalimat:

“Saya menciptakan patung ini berdasarkan tema ‘kehidupan laut’. Bahan utama yang saya gunakan adalah tanah liat. Tantangan saya adalah membentuk detail ikan secara presisi.”

📝 F. Latihan dan Penilaian

1. Tugas Kelompok

  • Setiap kelompok menilai satu karya seni rupa menggunakan kosakata seni.

  • Sajikan hasil penilaian dalam presentasi 3–5 menit.

2. Tugas Individu

  • Buat karya seni rupa sederhana (gambar, kolase, mini patung).

  • Presentasikan proses penciptaan dan penilaian sendiri terhadap karyanya.

Video pembelajaran:


baiklah cukup sekian
wassalamualaikum, wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS day 5 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Kamis, 16  Oktober 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Matematika, PJOK Tabik Pun 🙏  Good m...