Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal        : Kamis, 7 Agustus 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, Seni Rupa, Pendidikan Pancasila

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran
Murid dapat memahami informasi dan kosakata baru yang          memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter

Materi Pembelajaran

A. Pengertian Kosakata Berdasarkan Makna

Jenis MaknaPenjelasanContoh
DenotatifMakna yang sebenarnya atau lugas, sesuai kamus."Ia menulis di papan tulis."
KonotatifMakna tambahan, bersifat emosional atau nilai rasa, tergantung konteks."Ia adalah buaya darat." (artinya: lelaki yang suka mempermainkan wanita)
Kiasan (Majas)Makna tidak langsung, bersifat perbandingan atau simbolik."Wajahnya secantik rembulan." (perbandingan/kiasan)

🧾 B. Kosakata Baru dalam Konteks

  1. Identifikasi makna melalui konteks kalimat:

    • Kalimat: “Badai emosi melanda dirinya setelah mendengar kabar itu.”
      → Kosakata baru: badai emosi
      → Makna: perasaan yang sangat kacau atau marah hebat (kiasan)

  2. Gunakan strategi memahami kosakata baru:

    • Baca seluruh kalimat.

    • Cermati kata-kata sekitar.

    • Tentukan apakah maknanya literal atau tidak.

    • Jika perlu, cari di kamus.

🔍 C. Penerapan: Mengidentifikasi Objek, Fenomena, dan Karakter

1. Objek

Gunakan kosakata bermakna denotatif dan konotatif untuk menggambarkan objek secara lebih ekspresif.

Contoh:

  • Denotatif: Pohon itu besar dan rindang.

  • Konotatif: Pohon itu seperti penjaga setia halaman rumah.

2. Fenomena

Fenomena alam atau sosial bisa digambarkan dengan kosakata kiasan agar lebih hidup.

Contoh:

  • Denotatif: Angin kencang melanda desa.

  • Kiasan: Angin amarah alam menyapu desa kecil itu.

3. Karakter

Karakter tokoh dalam cerita bisa dihidupkan dengan penggunaan makna konotatif/kiasan.

Contoh:

  • Denotatif: Ia adalah guru yang tegas.

  • Konotatif/kiasan: Ia adalah singa di kelas, disegani dan ditakuti.

📝 D. Latihan Pemahaman

Latihan 1: Identifikasi Makna

Tentukan makna kata berikut dalam kalimat!

  1. "Ia memikul beban hidup yang berat." → Makna kata beban hidup?

  2. "Wajahnya bersinar saat menerima penghargaan."bersinar makna denotatif atau konotatif?

  3. "Jantung kota mulai berdetak lagi setelah pandemi." → Apa arti jantung kota dan berdetak di sini?

Latihan 2: Ubah Kalimat

Ubah kalimat bermakna denotatif menjadi konotatif/kiasan!

  1. Denotatif: "Ia sangat pintar."
    Konotatif/kiasan: "Ia otaknya encer seperti ilmuwan."

  2. Denotatif: "Mereka bekerja keras setiap hari."
    Kiasan: "Mereka membanting tulang demi sesuap nasi."

Penutup dan Refleksi

Memahami makna kata lebih dari sekadar arti kamus:

  • Makna denotatif penting untuk kejelasan.

  • Makna konotatif memperkaya ekspresi.

  • Makna kiasan menciptakan daya imajinasi dan estetika bahasa.

🗣 Pertanyaan Reflektif:

  • Kapan kamu harus menggunakan makna denotatif?

  • Apa keuntungan memahami makna konotatif dan kiasan saat membaca cerita?


Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat mempresentasikan  penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.

Materi Pokok

A. Pengertian Karya Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang diwujudkan dalam bentuk visual (dapat dilihat) dan dapat dirasakan secara inderawi, terutama melalui indera penglihatan dan peraba.

Jenis karya seni rupa:

  • Dua dimensi (2D): lukisan, gambar, batik, ilustrasi

  • Tiga dimensi (3D): patung, kerajinan, instalasi, kriya

📘 B. Unsur dan Prinsip Seni Rupa

1. Unsur-unsur Seni Rupa

UnsurPenjelasan
GarisBatas atau arah suatu bentuk
WarnaUnsur visual yang menarik perhatian dan membentuk suasana
BentukWujud visual, bisa geometris atau organik
TeksturKesan permukaan (halus, kasar, licin, dsb.)
RuangKesan kedalaman atau dimensi
Gelap terangPerbedaan cahaya untuk kesan volume dan kedalaman

2. Prinsip-prinsip Seni Rupa
  • Keseimbangan (balance)

  • Irama (rhythm)

  • Proporsi (proportion)

  • Harmoni (harmony)

  • Penekanan (emphasis)

  • Kesatuan (unity)

 C. Kosakata Seni yang Digunakan untuk Presentasi

TujuanKosakata Umum
Mendeskripsikan unsurgaris, warna, bentuk, tekstur, ruang, pencahayaan
Menilai estetikaharmoni, keseimbangan, proporsi, kontras, komposisi
Menjelaskan teknikmelukis, mengukir, membatik, mencetak, mencampur media
Mengungkap ekspresiemosional, ekspresif, simbolis, naturalistik, abstrak

🎤 D. Mempresentasikan Penilaian Karya Seni Rupa

  1. Perkenalan Karya
    Contoh:
    “Karya ini adalah lukisan cat air berjudul ‘Pagi di Desa’ karya Ana, menggunakan media kertas ukuran A3.”

  2. Deskripsi Unsur Seni
    “Karya ini menonjolkan warna-warna cerah seperti biru dan hijau. Garis-garisnya halus, menciptakan suasana tenang.”

  3. Analisis Teknik & Ekspresi
    “Teknik sapuan kuasnya lembut, menunjukkan keahlian dalam menciptakan tekstur alami. Karya ini menggambarkan ketenangan alam.”

  4. Penilaian (Apresiasi)
    “Komposisi visualnya seimbang dan harmonis. Karya ini berhasil menyampaikan suasana damai secara estetis.”

🎨 E. Mempresentasikan Proses Penciptaan Karya

Langkah-langkah yang bisa dipresentasikan siswa:

  1. Ide atau gagasan karya

  2. Pemilihan media dan teknik

  3. Proses pembuatan (dengan dokumentasi foto/video)

  4. Tantangan yang dihadapi

  5. Hasil akhir dan refleksi pribadi

Contoh kalimat:

“Saya menciptakan patung ini berdasarkan tema ‘kehidupan laut’. Bahan utama yang saya gunakan adalah tanah liat. Tantangan saya adalah membentuk detail ikan secara presisi.”

📝 F. Latihan dan Penilaian

1. Tugas Kelompok

  • Setiap kelompok menilai satu karya seni rupa menggunakan kosakata seni.

  • Sajikan hasil penilaian dalam presentasi 3–5 menit.

2. Tugas Individu

  • Buat karya seni rupa sederhana (gambar, kolase, mini patung).

  • Presentasikan proses penciptaan dan penilaian sendiri terhadap karyanya.


Pendidikan Pancasila

Tujuan Pembelajaran

MuriddapatMenguraikan makna nilainilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

A. Apa Itu Pancasila?

Pancasila adalah dasar negara Indonesia, pandangan hidup, dan ideologi bangsa.
Pancasila berasal dari dua kata Sansekerta:

  • Panca = lima

  • Sila = prinsip/aturan/dasar

Kelima sila Pancasila tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

📜 B. Bunyi Lima Sila Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

🌟 C. Makna dan Nilai-Nilai Pancasila

SilaMakna dan Nilai yang TerkandungContoh Sikap
1. Ketuhanan Yang Maha EsaPercaya dan bertakwa kepada Tuhan, menghormati agama lainBerdoa, tidak mengejek ibadah orang lain
2. Kemanusiaan yang adil dan beradabMenghargai sesama manusia, bersikap adil dan sopanMenolong teman, tidak membully
3. Persatuan IndonesiaCinta tanah air, menghargai perbedaanMenghormati teman dari suku/agama lain
4. Kerakyatan…Mengutamakan musyawarah, demokratisBermusyawarah dalam kelompok kelas
5. Keadilan sosial…Berbuat adil, peduli sesamaBerbagi makanan, tidak pilih kasih

📌 D. Pancasila Sebagai:

1. Dasar Negara

  • Pancasila menjadi dasar dalam menyusun hukum dan aturan di Indonesia.

  • Semua kegiatan kenegaraan harus sesuai dengan nilai Pancasila.

2. Pandangan Hidup Bangsa

  • Pancasila dijadikan pedoman dalam bertingkah laku sehari-hari.

  • Menjadi arah dalam bersikap di tengah masyarakat yang beragam.

3. Ideologi Bangsa

  • Pancasila menjadi cita-cita dan tujuan bersama bangsa Indonesia.

  • Menyatukan bangsa dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan daerah.

📝 E. Contoh Kegiatan Mengamalkan Nilai Pancasila

KegiatanSila yang Terkait
Membersihkan kelas bersamaPersatuan Indonesia (Sila 3)
Bermusyawarah memilih ketua kelasKerakyatan (Sila 4)
Membantu teman yang kesulitanKemanusiaan (Sila 2)
Beribadah sesuai agama masing-masingKetuhanan (Sila 1)
Berbagi makanan dengan temanKeadilan Sosial (Sila 5)

🧩 F. Latihan Pemahaman

1. Soal Pilihan Ganda

Contoh:
Nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila adalah…
A. Berdoa kepada Tuhan
B. Musyawarah
C. Menjaga persatuan
D. Menolong sesama

Jawaban: D. Menolong sesama

2. Soal Uraian

  • Jelaskan mengapa Pancasila penting sebagai dasar negara!

  • Berikan 3 contoh kegiatan di sekolah yang mencerminkan sila keempat!

3. Tugas Proyek

Buatlah poster sederhana yang menggambarkan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila di rumah atau sekolah.

✨ Penutup dan Refleksi

🗣 Ajak siswa merenung:

  • Apa yang terjadi jika kita tidak mengamalkan Pancasila?

  • Bagaimana Pancasila membantu menjaga kerukunan di Indonesia?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Kamis, 7 Agustus 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia, Seni Rupa, Pendidikan...