Hari/Tanggal        : Selasa, 26 Agustus 2025

Kelas                       : 6D

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila , Bahasa Indonesia

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How do you do?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Hari ini hari pertama kita memasuki pembelajaran di kelas 6 ya Sholeh Sholehah,mudah mudahan kalian masih tetap semangat ya. Jangan lupa tetap sholat Dhuha dan 5 waktunya,serta murojaah surat surat pendek nya.
Hari ini ibu tuliskan materi pembelajaran kita, silahkan disimak, dibaca untuk tambahan ilmu ya..

Pendidikan Pancasila

Tujuan Pembelajaran

Murid dapat Menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

I. Pengantar Pancasila

A. Apa Itu Pancasila?

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila utama yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kelima sila Pancasila:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

II. Pancasila sebagai Dasar Negara

A. Makna Dasar Negara

Dasar negara adalah fondasi utama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kehidupan berbangsa.

B. Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara:

  • Menjadi sumber dari segala hukum di Indonesia

  • Menjadi pedoman dalam pembuatan peraturan perundang-undangan

  • Menjadi arah penyelenggaraan negara

III. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

A. Makna Pandangan Hidup

Pandangan hidup adalah cara suatu bangsa memandang kehidupan dan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya.

B. Fungsi Pancasila sebagai Pandangan Hidup:

  • Memberikan arah dalam bersikap dan bertindak

  • Menjadi dasar pembentukan karakter bangsa

  • Menjadi pemersatu dalam keberagaman suku, budaya, agama, dan bahasa

IV. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa

A. Apa Itu Ideologi?

Ideologi adalah kumpulan nilai, gagasan, dan cita-cita yang menjadi landasan hidup berbangsa dan bernegara.

B. Fungsi Pancasila sebagai Ideologi:

  • Menjadi pedoman dalam mencapai cita-cita bangsa

  • Mengarahkan pembangunan nasional

  • Menangkal ideologi asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa

V. Nilai-Nilai dalam Pancasila

A. Nilai Ketuhanan

Mengakui dan menghormati keberadaan Tuhan dalam kehidupan

B. Nilai Kemanusiaan

Menjunjung tinggi hak asasi, toleransi, dan keadilan

C. Nilai Persatuan

Menjaga keutuhan NKRI dan rasa cinta tanah air

D. Nilai Kerakyatan

Mengutamakan musyawarah, demokrasi, dan partisipasi rakyat

E. Nilai Keadilan Sosial

Mendorong pemerataan, kesejahteraan, dan keadilan bagi seluruh rakyat

VI. Contoh Penerapan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

SilaContoh Penerapan
1Berdoa sebelum belajar, menghormati pemeluk agama lain
2Tidak membully teman, membantu korban bencana
3Mengikuti upacara bendera, menjaga kerukunan
4Mengikuti diskusi kelas, menghargai pendapat teman
5Menyumbang untuk yang membutuhkan, tidak pilih kasih

Video Pembelajaran


Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran: Menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilai- nilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual

Materi Pembelajaran:

Menganalisis Informasi dari Berbagai Tipe Teks serta Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Teks Sastra dari Teks Visual dan/atau Audiovisual

1. Pengertian Teks Visual dan Audiovisual

  • Teks visual: Teks yang disajikan dalam bentuk gambar atau tulisan yang bisa dilihat. Contoh: komik, poster, infografis.

  • Teks audiovisual: Teks yang bisa dilihat dan didengar secara bersamaan. Contoh: film pendek, animasi, video cerita, dongeng dalam bentuk video.

2. Jenis-Jenis Teks

  • Teks naratif: Berisi cerita atau kejadian, seperti dongeng, fabel, legenda.

  • Teks deskriptif: Menggambarkan suatu objek, tempat, atau suasana.

  • Teks eksplanasi: Menjelaskan proses terjadinya sesuatu (biasanya alam atau sosial).

  • Teks prosedur: Menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu.

3. Cara Menganalisis Informasi dari Teks Visual/Audiovisual

Langkah-langkah:

  1. Amati isi teks secara keseluruhan (gambar, suara, narasi).

  2. Tentukan jenis teks (narasi, deskripsi, eksplanasi, dll).

  3. Cari informasi penting: siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana (5W + 1H).

  4. Tentukan pesan utama atau isi pokok dari teks.

  5. Simpulkan isi teks dengan kalimat sendiri.


4. Nilai-Nilai dalam Teks Sastra

Teks sastra (cerita rakyat, dongeng, fabel, legenda, dll) mengandung nilai-nilai, seperti:

Jenis NilaiPenjelasanContoh
ReligiusNilai yang berkaitan dengan keimanan kepada TuhanTokoh berdoa sebelum bertindak
MoralNilai tentang benar dan salahKejujuran, tanggung jawab, hormat
SosialNilai tentang hubungan antar manusiaTolong-menolong, kerja sama
BudayaNilai tentang kebiasaan atau tradisiUpacara adat dalam cerita rakyat
KepahlawananNilai keberanian, pantang menyerahTokoh berani berkorban demi orang lain

5. Contoh Analisis

Misal: Menonton video cerita "Malin Kundang"

  • Jenis Teks: Teks naratif (legenda)

  • Isi Cerita: Malin Kundang durhaka kepada ibunya lalu dikutuk menjadi batu

  • Nilai-Nilai:

    • Moral: Jangan durhaka kepada orang tua

    • Sosial: Pentingnya menghormati keluarga

    • Religius: Doa ibu yang dikabulkan Tuhan

video “Kancil dan Buaya”



Latihan Soal

Tonton video dongeng “Kancil dan Buaya”, lalu jawab:

  1. Apa jenis teks dari video tersebut?

  2. Apa pesan moral yang kamu dapatkan?

  3. Siapa tokoh utama dalam cerita?

  4. Apa peristiwa penting yang terjadi?

  5. Apa nilai yang bisa diterapkan dalam kehidupanmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Class 6D SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

  Hari/Tanggal        : Jum'at, 29 Agustus 2025 Kelas                       : 6D Mata Pelajaran     :  Matematika Tabik Pun 🙏  Good mor...